Wednesday, 20 March 2013

Universitas Komputer Indonesia, (UNIKOM) Bandung

Universitas Komputer Indonesia (disingkat UNIKOM) adalah sebuah perguruan tinggi swasta yang berada di kota Bandung, Jawa Barat, tepatnya berlokasi di Jl.Dipatiukur No 112-114. Rektornya saat ini dijabat oleh Dr. Ir. Eddy Soeryanto Soegoto.

Sejarah

Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) secara resmi berdiri pada hari Selasa, tanggal 8 Agustus 2000 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional nomor 126/D/0/2000.
Awalnya dimulai pada bulan Juli tahun 1994 ketika didirikan Lembaga Pendidikan Komputer Indonesia Jerman, disingkat LPKIG, bertempat di jalan Dipati Ukur 102 Bandung . Dengan 1 ruang kelas berkapasitas 50 orang dan 1 laboratorium computer dengan 25 unit komputer, Lembaga ini membuka program pendidikan 1 tahun dengan 5 program studi yaitu Ahli Komputer Aplikasi Bisnis, Ahli Komputer Keuangan & Perbankan, Ahli Komputer Akuntansi & Perpajakan, Ahli Komputer Manajemen & Pemasaran dan Sekretaris Eksekutif. Jumlah peserta pendidikan pada tahun pertama ini sebanyak 233 siswa.
Pada tahun kedua, 1995, dibuka jenjang pendidikan 3 tahun untuk memenuhi animo siswa tahun pertama yang ingin memperdalam ilmunya, disamping pemikiran jangka panjang pengembangan institusi. Pada tahun ini juga dibuka program studi baru, meliputi : Ahli Komputer Teknik Informatika, Ahli Komputer Manajemen Informatika dan Sekretaris Eksekutif. Ruang kelas ditambah menjadi 2 buah dan laboratorium komputer menjadi 2 buah dengan jumlah siswa sebanyak 457 orang.
Pada tahun ketiga, 1996, dilakukan penambahan gedung kuliah baru bertempat di jalan Dipati Ukur 116 (gedung FISIP sekarang), sekaligus pemindahan pusat administrasi dan perkantoran. Digedung baru ini dilakukan penambahan 1(satu) Lab. Komputer, 5 (lima) Ruang Kuliah, Ruang Dosen dan Ruang Kemahasiswaan. Jumlah siswa dari tahun 1996 hingga tahun 1998 bertambah dari 632 orang menjadi 1184 orang.
Pada tahun kelima, 1998, dimulai pembangunan Kampus baru (Gedung Rektorat /Kampus-1 sekarang) berlantai 6 (enam) di jalan Dipati Ukur 114. Pembangunan Kampus baru ini dapat diselesaikan pada bulan Agustus 1999, sehingga pada awal perkuliahan bulan September 1999 telah dapat digunakan.
Mencermati dinamika peserta didik dan pengembangan Institusi kedepan, pada tanggal 24 Desember 1998 dibentuklah Yayasan Science dan Teknologi dan dilanjutkan dengan pengajuan pendirian STIMIK IGI dan STIE IGI ke DIKTI. Pada bulan Juli 1999 STIE IGI diresmikan dengan keluarnya SK Mendiknas no. 119/D/O/1999 dengan 5 program studi : Akuntansi S1, Manajemen S1, Manajemen Pemasaran D3, Keuangan Perbankan D3 serta Akuntansi D3. Pada bulan Agustus 1999 STIMIK IGI diresmikan dengan keluarnya SK Mendiknas no. 143/D/O/1999 dengan 5 program studi : Teknik Informatika S1, Manajemen Informatika D3, Teknik Komputer D3, Komputerisasi Akuntansi D3 serta Teknik Informatika D3.
Agar Sistem Pendidikan lebih Efisien, Efektif, Produktif dengan Struktur Organisasi yang lebih baik, enam bulan kemudian dilakukan usulan ke DIKTI untuk melakukan Merger kedua Sekolah Tinggi di atas menjadi Universitas. Pada hari Selasa, tgl. 8 Agustus 2000 keluarlah SK MENDIKNAS no. 126/D/O/2000 atas Universitas Komputer Indonesia yang disingkat dengan nama UNIKOM. Pada SK tersebut sekaligus diijinkan dibukanya 11 program studi baru: Teknik Komputer S1, Manajemen Informatika S1, Teknik Industri S1, Teknik Arsitektur S1, Perencanaan Wilayah dan Kota S1, Ilmu Hukum S1, Ilmu Komunikasi S1, Ilmu Pemerintahan S1, Desain Interior D3, Desain Komunikasi Visual S1 dan Desain Komunikasi Visual D3.
Sejak berdirinya pada tahun 2000, setiap tahunnya UNIKOM menerima ± 2.000 mahasiswa baru. Terakhir pada tahun 2005 yang lalu diterima sebanyak 2.510 mahasiswa baru. Hingga tahun akademik 2006/2007 terdapat 6 Fakultas dan 23 Program Studi di UNIKOM dengan jumlah mahasiswa sebanyak 8.740 orang yang berasal dari berbagai pelosok tanah air dan dari luar negeri yang sedang menempuh pendidikan di UNIKOM.
Terakhir, memasuki tahun 2009, UNIKOM telah membangun sebuah gedung baru di samping gedung rektorat, yang merupakan renovasi sekaligus pengembangan dari gedung 1 yang dulunya juga dipakai sebagai cikal bakal LPKIG. Direncanakan gedung ini akan berjumlah 10 lantai, dan ditargetkan selesai di tahun 2012. Selain gedung baru, UNIKOM juga telah berhasil mengakusisi gedung bekas STMIK Jabar, yang berada di seberang gedung 4. Gedung ini kemudian dipakai sebagai kampus fakultas sastra dan desain visual.
Mulai tahun ajaran 2009-2010 UNIKOM telah membuka program Pasca Sarjana/Magister (S2) untuk bidang studi Magister Management dan Magister Sistem Informasi.

Fakultas

Berikut ini adalah fakultas-fakultas yang ada di UNIKOM, beserta program studinya masing-masing, baik yang jenjang strata 1 (sarjana – S1), atau yang diploma 3 (ahli madya – D3)
Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
  • Teknik Komputer (S1 dan D3)
  • Teknik Informatika (S1)
  • Teknik Industri (S1)
  • Teknik Sipil (S1)
  • Teknik Elektro (S1)
  • Teknik Arsitektur (S1)
  • Perencanaan Kota dan Regional (S1)
  • Manajemen Informatika (S1 dan D3)
  • Komputerisasi Akuntansi (D3)
Fakultas Ekonomi
  • Manajemen (S1)
  • Akuntansi (S1 dan D3)
  • Manajemen Pemasaran(D3)
  • Keuangan dan Perbankan (D3)
Fakultas Hukum
  • Ilmu Hukum (S1)
Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
  • Ilmu Komunikasi (S1)
  • Ilmu Pemerintahan (S1)
  • Hubungan Internasional (S1)
  • Sekretaris Eksekutif (D3)
  • Public Relations (D3)
Fakultas Desain
  • Desain Komunikasi Visual (S1 dan D3)
  • Desain Interior (S1)
Fakultas Sastra
  • Sastra Inggris (S1 dan D3)
  • Sastra Jepang (S1)
Pasca Sarjana/Magister
  • Magister Management
  • Magister Information System

Fasilitas

Fasilitas yang ada di UNIKOM cukup lengkap dari segi materi. Hampir semua hal ataupun kegiatan yang ada selalu disampaikan melalui jalur online. Mahasiswa juga bisa mengecek daftar nilai ujiannya melalui sebuah situs khusus. Selain itu tersedia juga laboratorium sesuai dengan bidang studi masing-masing, dan sesuai dengan namanya sebagai PTS komputer pertama di Indonesia, maka mata kuliah software dan hardware dijadikan sebagai mata kuliah wajib selama para mahasiswa menuntut ilmu di UNIKOM.
Bagi yang gemar berinternet, UNIKOM menyediakan sebuah fasilitas internet gratis bernama Cybernet, dimana disana para mahasiswa bisa online secara gratis dengan fasilitas komputer yang sudah tersedia. Atau bisa juga mahasiswa membawa komputer laptop, karena UNIKOM juga menyediakan fasilitas Hotspot (wi-fi)

Program Kelas Karyawan di Jakarta ada di Universitas Mercu Buana kk.mercubuana.ac.id dan untuk Bandung ada di Universitas Widyatama kk.widyatama.ac.id serta di Surabaya di Universitas Narotama kk.narotama.ac.id


0 comments:

Post a Comment